Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISAH SAYYID TSABIT AL-BUNANI DAN PEMUDA DARI ALAM KUBUR


Sayyid Tsabit Al-Bunani رحمه الله‎ adalah termasuk tabi’in. Beliau bersahabat sekitar 40 tahun dengan Sayyidina Anas Bin Malik رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ.

Beliau wafat pada Tahun 127 H dalam usia 86 tahun.
Dalam Kitab Al-Mawaidh Al-Usfuriyah, Karya Syekh Muhammad bin Abu Bakr al-Ushfury.

Kisah tentang mimpi Beliau berkenaan dengan sampainya kiriman pahala pada ahli kubur. Sayyid Tsabit Al-Bunani رحمه الله‎ memang dikenal dengan tabi’in yang ahli hadits, istiqomah khatam Al Qur'an tiap semalam, dan suka ziarah kubur. Hammad Bin Salamah رحمه الله‎ berkata bahwa Beliau pernah berdoa dengan doa sebagai berikut ; 

أللهم ان كنت اعطيت احدا الصلاة في قبره فاعطني الصلاة في قبري

Allahumma in kunta a’thoyta ahadan ashsholata fiqobrihi fa a’thinishsholata fi qobri

Ya Allah, jika engkau berkehendak memberikan sholat pada seseorang di dalam kuburnya, maka berikanlah itu padaku.

Ternyata benar. Beliau datang ke dalam mimpi salah satu ulama bahwa Beliau melaksanakan ibadah sholat dalam kuburnya. Ini adalah salah satu karomah yang diberikan oleh Allah ﷻ pada Beliau.
(Lihat Tahdzibul kamal, Juz 4/hal. 342)

Beliau juga dapat dipastikan ketika malam Jum'at pasti bermalam di pemakaman. Biasanya Beliau melakukan munajat semalam suntuk sampai waktu subuh tiba.

Dalam tidurnya Beliau mimpi semua ahli kubur keluar dari kuburannya.

Di mimpi pertama ini, Beliau melihat mereka keluar dengan pakaian mewah dengan wajah bersinar. Mereka diberi nampan berisi aneka makanan.

Namun, di tengah-tengah mereka terlihat seorang pemuda yang acak-acakkan. Wajahnya pucat, bajunya compang-camping. Air matanya menetes. Ia juga tidak terlihat membawa makanan sebagaimana yang lain.

Semua ahli kubur kembali ke kuburan masing-masing dengan wajah berseri-seri. Mereka pada bahagia.

Kecuali pemuda ini, ia pulang dengan kepala merunduk dan pucat pasi. Melihat ada hal yang berbeda pada pemuda tersebut, Sayyidina Tasbit رحمه الله‎ menyapa dan bertanya padanya,

يا فتى من انت بين هؤلاء وهم وجدوا المائدة ورجعوا مسرورين
ولم يأت لك مائدة ورجعت ايسا من المائدة وانت مغموم محزون

Hei Pemuda, siapa engkau sebenarnya?
Mereka terlihat membawa hidangan dan kembali dengan suka cita, sedangkan engkau tidak menemukan makanan. Engkau pulang dengan dengan tangan hampa, penuh duka cita.

Sedikit-banyak kita sudah bisa menebak apa yang melatarbelakangi perbedaan pemuda di atas dengan ahli kubur yang lainnya. Semua itu mungkin dikarenakan amal perbuatannya di dunia? Atau bisa saja dikarenakan amal keluarganya yang masih hidup? Atau yang lainnya. Lebih jelasnya, perhatikan jawaban pemuda tersebut di bawah ini,

يا امام المسلمين اني غريب بينهم ليس لي ذاكر بالاحسان
والدعاء ولهم اولاد واقرباء وعشائر كلهم يذكرونهم بالدعاء والاحسان
والصدقة في كل ليلة جمعة يصل منهم الخيرات وثواب الصدقات اليهم

Wahai Imamnya orang-orang islam, aku menjadi orang asing di tengah-tengah mereka. Tidak ada yang mengingatku sama sekali walau hanya dengan kebaikan dan doa. Adapun mereka, ada anak, keluarga, dan kerabat yang mendoakan, yang mengirim pahala amal baik dan sedekah. Tiap malam jumat pahala semua itu sampai pada mereka.

Pemuda ini bukan tidak memiliki keluarga, ia masih punya seorang ibu. Namun, setelah kematian dirinya, sang ibu menikah lagi. Saat itu, ia bermaksud melaksanakan ibadah haji bersama ibunya.

Namun sesampainya di Mesir, ia dijemput ajal. Lantas, setelah ibunya menikah lagi, ia tidak ingat padanya walau hanya sekedar mendoakan.

Sayyidina Tsabit رحمه الله‎ merasa iba pada pemuda tersebut. Beliau bertanya lagi perihal ibunya,

يا فتى اخبرني عن موضع والدتك فاخبرها عنك وعن حالك

Wahai pemuda, beritahu padaku dimana ibumu tinggal.
Aku akan sampaikan tentang keadaanmu.

Pemuda itu langsung menjawab,

يا امام المسلمين هي في محلة كذا وفي دار كذا فاخبرها فان لم تصدقك
فقل لها ان في جيبك مائة مثقال من فضة من ابيه وهو حقه تصدقك بهذه العلامة

Wahai imam, Ibuku berasal dari kota ini dan ia tinggal di rumah ini. Sampaikan keadaanku padanya. Jika ia tidak percaya, maka sampaikan bahwa di dalam sakunya ada 100 mitsqol perak peninggalan ayahnya, dan itu adalah haknya. Ia pasti akan percaya.

Sayyidina Tsabit Al-Bunani رحمه الله‎ langsung mencari ibu pemuda tersebut. Ketika sudah ketemu, Beliau menyampaikan tentang keadaan anaknya. Ibunya baru percaya ketika Beliau menyampaikan pesan sang anak tentang warisan ayahnya.

Setelah dicari, ternyata 100 Mitsqal perak memang ada dalam sakunya. Ia langsung pingsan. Setelah siuman,
ia serahkan semua uang itu pada Sayyid Tsabit رحمه الله‎ untuk disedekahkan.

Pada malam Jum'at berikutnya,
Sayyidina Tsabit رحمه الله‎ mimpi bertemu dengan pemuda itu lagi. Kali ini ia sama dengan penduduk kubur yang lain. Ia berpakaian mewah dan nampak bahagia sekali. Lalu ia berkata pada Sayyid Tsabit حمه الله‎ر,

يا امام المسلمين رحمك الله كما رحمتني فبان انهما يؤذيان في القبور عند الاساءة ويفرحان عند الاحسان

Wahai imam, semoga Allah ﷻ merahmatimu sebagaimana engkau telah mengasihiku. Sesungguhnya telah nyata bahwa keduanya bisa menyakiti yang ada di kubur saat berbuat maksiat.

Sebaliknya keduanya akan membahagiakan ahli kubur bila melalukan kebaikan.

Artinya, amal baik keluarga, pahala sedekah untuk orang yang mati, dan amal baik lainnya, sangat dibutuhkan oleh penduduk kubur. Mereka tiap malam jumat menunggu kiriman dari keluarga dan sanak famili.

Semoga bermanfaat

Kitab Al-Mawaidh Al-Usfuriyah,
Karya Syekh Muhammad bin Abu Bakr al-Ushfury رحمه الله‎.

Catatan :
Secara etimologi AL-MAWAIDH AL-’USFURIYAH mempunyai arti nasihat-nasihat ringan.

Kitab Kuning Pesantren Ushfuriyah yang tidak terlalu tebal ini merupakan karya dari Syech Muhammad bin Abu Bakar Al-’Ushfury, di dalamnya kitab ini berisi 40 hadits Nabi yang patut kita dijadikan pegangan hidup dan tuntunan bagi kita semua sebagai umat Islam.

Untuk menguatkan pemahaman terhadap hadits yang disampaikan dalam kitab ini, maka pengarang selalu menyertakan hikayat atau cerita nyata pada setiap haditsnya, penyertaan hikayat tersebut tentunya yang berhubungan dengan hadits tersebut.

Mitsqal :
Mitsqal sebagai unit berat ditimbang dengan biji gandum Barli atau حَبَّةً شَعِيرَةً yang telah dikenal di Tanah Arab (termasuk Makkah dan Madinah) dan juga di negeri-negeri Romawi.

Fiqh Islam menetapkan ijma’ bahwa 1 Mitsqal adalah 72 biji gandum Barli ukuran sedang dipotong kedua ujungnya (Ibn Khaldun, Al-Muqaddimah)

Gandum barli adalah jenis gandum yang paling besar dan paling tinggi khasiatnya di banding gandum jenis lain.
~~~~~
Sampaikanlah ilmu ini kepada orang lain. Semoga mempermudah urusanmu di Dunia Akhirat dan Memberatkan timbangan Amal baikmu di Yaumul Mizan.

Riwayat dari Rasulullulah saw. mengatakan:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (H.R. Muslim no. 1893).

Kita menghindari kesia-siaan. Penting untuk menyampaikan kebaikan, namun tidak kalah pentingnya juga untuk memperhatikan cara yang baik dalam menyampaikan kebaikan. Kebaikan harus tersampaikan dengan baik, agar pesannya tidak hilang dalam hiruk-pikuk kehidupan.

Wallahu a’lam bis-shawab.
close