Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Office Pod, Solusi Cerdas untuk Suasana Kerja Lebih Tenang


KompasNusantara - Akhir-akhir ini banyak pekerja yang mengeluhkan kantor yang tidak kondusif karena terlalu berisik sehingga sulit konsentrasi.

Biasanya ini terutama terjadi pada kantor yang menerapkan tata ruang berupa open space.

Menurut Susan Cain, 30 hingga 50 persen pekerja adalah seseorang yang memiliki sifat introvert.

Bukan mereka pemalu, tapi pekerja tersebut memang memiliki daya konsentrasi yang mudah terganggu jika berada di tempat ramai.

Jika hal itu terjadi akan menyebabkan kinerja, produktivitas dan efisiensi karyawan menurun dan merugikan perusahaan.

Untuk mengatasi masalah tersebut diciptakanlah office pod yang menyediakan tempat kerja tenang sehingga fokus pada pekerjaan.

Pengin tahu lebih soal office pod? 

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Office Pod?


Office pod atau pod kantor atau bisa disebut ruangan dalam ruangan, adalah solusi cerdas untuk mengatasi berbagai masalah di kantor.

Pod awalnya dikembangkan di kantor-kantor modern untuk menyediakan area pribadi yang tertutup di tengah ruangan terbuka.

Office pod hadir dalam berbagai gaya, ukuran dan fungsi yang tepat sesuai kebutuhan.

Tujuan dibuatnya office pod adalah memastikan pekerja mendapatkan kenyamanan dan ketenangan saat bekerja di kantor.

Berkembangnya office pod bermula dari bilik telpon yang difungsikan juga untuk meeting online dengan client.

Karena memiliki sistem kedap suara yang maksimal, jadi suara keras dari luar dapat diminimalisir dengan baik.

Fungsi Office Pod


Berikut ini fungsi umum office pod:
  • Sebagai bilik telepon
  • Ruang kerja 
  • Meeting online 
  • Meeting offline dengan kapasitas tertentu
  • Sebagai ruang tunggu

Fitur Canggih Office Pod
  • Sistem Kedap Suara yang Tinggi
Office pod menawarkan tempat yang tenang untuk pekerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Untuk itu office pod membuat dinding di dalamnya dengan insulasi 3,5 inci dan isolasi dinding yang berkualitas tinggi.

Dengan begini, dijamin pod kantor bisa meredam semua suara bising dari luar.
  • Ventilasi yang Canggih
Tidak perlu khawatir dengan udara pengap yang menghantui, pod kantor dirancang dengan sirkulasi udara yang baik.

Penggunaan kipas di dalam pod akan membuat udara mengalir dalam waktu 1-2 menit.
  • Tersedia Banyak Stop Kontak
Tidak perlu khawatir bagi Anda yang memiliki banyak perangkat elektronik, atau akan melakukan presentasi saat meeting.

Biasanya 1 office pod memiliki banyak stop kontak 15 A, dengan tegangan 110 V.

Dengan pengisian cepat ke perangkat kerja, Anda tak akan lagi terkendala karena stop kontak yang selalu penuh terpakai.
  • Sistem Pencahayaan
Pencahayaan office pod dipilih dengan hati-hati dan akan memberikan kenyamanan untuk mata selama bekerja.

Selain itu penggunaan kaca skylight membuat pod kantor lebih terbuka dengan cahaya alami.
  • Desain yang Modern

Office pod dirancang dengan memperhatikan material, tekstur, warna, serta teknologi yang canggih.

Memiliki desain yang sederhana dan ramping, sangat cocok untuk kantor ataupun di rumah Anda.

Penggunaan furnitur yang selaras dengan gaya lantai bisa membuat kesan pod kantor jadi lebih homey dan nyaman.
Manfaat Menggunakan Office Pod


Office pod ada beberapa jenis dari sisi kegunaan yaitu pod privasi dan pod meeting.

Perbedaanya terletak pada ukuran, fungsi dan fasilitas dari masing-masing pod.

Selain itu memiliki manfaat yang sangat besar dan tentu saja melibatkan performa pekerjaan di kantor.

Berikut adalah beberapa keunggulan dan manfaat menerapkan pot pribadi dan pod meeting di kantor:

  • Mengatasi Masalah Kebisingan
Mungkin Anda pernah mengalami kejadian saat meeting dengan client penting, tiba-tiba saja suara kantor mendadak ribut.

Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan antara kedua belah pihak, bahkan mungkin membuat Anda harus pindah tempat.

Namun, sekarang ini banyak office pod diproduksi menggunakan bahan akustik yang dapat menyerap suara dari luar.

Sehingga proses meeting virtual atau tatap muka bisa berjalan dengan lancar.

  • Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas
Faktanya ketika bekerja, setidaknya 25% dari waktu jam kerja Anda akan mengalami gangguan untuk bisa konsentrasi.

Penyebabnya adalah fokus Anda teralihkan dengan melihat teman kerja sedang menonton video atau bernyanyi.

Demi menjaga keberlangsungan produktivitas dan mengembalikan konsentrasi, Anda harus repot mencari tempat yang tenang.

Penggunaan office pod di pojok ruang kerja bersama bisa dijadikan solusi untuk Anda pecinta ketenangan.

  • Ciptakan Privasi
Kantor yang peduli adalah kantor yang mampu mengatasi masalah dan membuat karyawan nyaman bekerja seperti di rumah.

Tapi faktanya, karyawan tidak betah berlama-lama di kantor atau sampai ada yang bolos kerja karena kurangnya privasi.

Data menunjukkan 95% para pekerja kantoran membutuhkan ruang pribadi yang tenang.

Tapi 41% - 45% kantor tidak menyediakan akses dan fasilitas  yang sesuai keinginan karyawannya.

Maka dari itu, office pod bisa bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan para karyawan agar memiliki ruang pribadi meskipun harus bergantian. 

  • Melindungi Rahasia Perusahaan
Memiliki kantor bersama atau co-working space memiliki banyak kekurangan, salah satunya data rahasia kantor.

Karena berada di kantor yang digunakan pula oleh perusahaan lain, pasti Anda merasa was-was saat banyak karyawan lain melewati bilik kantor Anda.

Dengan menggunakan pod kantor yang memiliki teknologi canggih seperti kedap suara dan tirai penutup, Anda tidak perlu khawatir lagi.

  • Harga Relatif Terjangkau
Pod telepon memiliki ukuran standar memiliki harga kisaran Rp10 juta.

Tapi jika kantor Anda memilih office pod dengan kapasitas lebih dari 3 orang, kemungkinan harga yang dibandrol juga cukup mahal.

Tapi tetap saja harga yang mahal, memiliki fasilitas yang juga lebih lengkap.

Bagaimana? Pasti seru kan, punya office pod di kantor?

Selamat mencoba!

close