Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Panduan Belajar Sholat di Android

KompasNusantara - Ibadah sholat tidak serta merta bisa dilaksanakan begitu saja. Tentu kita harus mempelajari tata cara sampai bacaan doa yang benar agar bisa lebih khusyu saat beribadah. Nah, kalau dulu kita belajar melalui buku tuntunan sholat yang banyak dijual di pasaran, kini, tata cara beribadah sholat bisa dipelajari dengan mudah lewat aplikasi di HP Android.

Pada kesempatan ini, KompasNusantara akan membahas mengenai 10 aplikasi panduan belajar sholat yang bisa Anda unduh dan gunakan dengan mudah dalam satu genggaman. Oh, beberapa aplikasi yang dilapirkan berikut juga bisa dipakai untuk anak-anak, lho! Penasaran apa saja? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

1. Panduan Sholat Fardu & Sunnah - IstanStudio


Aplikasi Panduan Sholat Fardu & Sunnah besutan developer Istan Studio juga bisa jadi pilihan utama bagi Anda. Aplikasi ini memuat berbagai macam pengetahuan tentang sholat, baik yang fardu sholat subuh sampai sholat isya, hingga sholat sunnah lengkap. Mulai dari sholat tahajjud, hajat, sholat ied sampai sholat mutlaq, gerhana dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga menyertakan gambar gerakan sholat untuk mempermudah Anda yang ingin belajar. Fitur lain dari aplikasi Panduan Sholat Fardu & Sunnah ini adalah jadwal sholat, doa sehabis shalat fardu maupun sunnah, panduan mandi wajib, pembahasan tentang sujud, panduan wudhu, pembahasan tentang dosa meninggalkan sholat hingga pembahasan kesalahan saat melakukan ibadah sholat.

Tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini? Download aplikasi Panduan Sholat Fardu & Sunnah di sini sekarang juga.

2. Tuntunan Sholat Lengkap - Bakekok Publisher


Aplikasi bernama Tuntunan Sholat Lengkap, cocok digunakan bagi Anda yang sedang ingin belajar Sholat. Aplikasi yang digarap oleh Bakekok Publisher Team ini memiliki beberapa menu mulai dari Pengertian Sholat, Rukun Sholat, dan tentunya Tuntunan Shalat Wajib (Subuh, Dhuhur, Ashar, Magrib, dan Isya).

Rupanya aplikasi yang sudah diunduh oleh 1 juta pegguna Android ini dilengkapi dengan menu Tuntunan Wudhu yang mudah diikuti dan dipahami. Dalam versi terbarunya, aplikasi ini mendapatkan perbaikan seperti antarmuka yang lebih kekinian, penambahan lima surat pendek, hingga perbaikan beberapa Surat dan Doa. Anda bisa unduh Tuntunan Sholat Lengkap secara gratis di sini.

3. Belajar Sholat + Audio - Marbel


Belajar Sholat + Audio - Marbel merupakan aplikasi Sholat yang sangat cocok dipasang bagi orangtua untuk mengajarkan anaknya Sholat dengan suguhan tampilan menarik. Dirancang oleh Educa Studio, aplikasi ini membawa segudang menu yang lengkap seperti teks dalam bahasa arab, terjemahan dalam bahasa latin, dan doa-doa shalat setiap waktunya.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan daya tarik belajar Sholat maka aplikasi ini juga diselipkan beberapa permainan yang interaktif meliputi gim tepat cepat, daya ingat, dan masih banyak lagi. Mengangkat konsep belajar sambil bermain lewat animasi dan audio narasi, aplikasi ini punya sistem antarmuka yang mudah digunakan. Tidak percaya? Unduh aplikasinya di sini.

4. Tuntunan Sholat Lengkap + Audio - Wali Studio


Developer WALI Studio juga mengembangkan dan meluncurkan aplikasi panduan belajar sholat yang praktis dan mudah digunakan. Aplikasinya berisikan tentang tata cara sholat lengkap dan berwudhu dengan baik yang disertai dengan gambar nan jelas.

Ada pula muatan tentang doa dan dzikir setelah sholat. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio di setiap bacaan sampai doanya. Gimana, Anda ingin ibadah sholat Anda semakin khusyu, bukan? Download langsung saja aplikasi Tuntunan Sholat Lengkap dari WALI Studio secara gratis melalui link ini.

5. Tuntunan Shalat Lengkap dengan Dzikir


Selanjutnya, ada aplikasi Tuntunan Shalat Lengkap dengan Dzikir dari Nidavi Studio. Serupa dengan aplikasi yang sudah dibahas, aplikasi ini juga memuat tentang tata cara ibadah sholat, baik fardu maupun sunnah.

Bedanya, muatan pembahasan dalam aplikasi yang satu ini lebih mendetail. Ada pengertian wudhu, hukum berwudhu, dalil perintah untuk berwudhu, syarat syah sampai pembahasan mengenai doa sebelum dan setelah bersuci.

Tidak hanya wudhu, pembahasan tentang tayammum dan dzikir serta doa-doa yang biasa dilafalkan dalam sholat juga lengkap. Silakan klik link ini untuk mengunduh aplikasi Tuntunan Shalat Lengkap dengan Dzikir dari Nidavi Studio.

6. Panduan Shalat Praktis & Lengkap


Kalau Anda sedang mencari aplikasi panduan belajar shalat yang benar-benar lengkap dan praktis, maka aplikasi Panduan Shalat Praktis & Lengkap yang dikembangkan dan di-publish oleh pengembang TKZ Studios ini cocok untuk Anda pilih.

Ya, aplikasi Panduan Shalat Praktis & Lengkap ini merupakan aplikasi yang memuat pengetahuan seputar sholat fardu (wajib) dan juga sholat sunnah. Selain itu, ada pula tuntunan untuk berwudhu, gambar gerakan dan bacaan sholat yang baik dan benar, hukum seputar sholat sampai dzikir setelah sholat selesai.

Aplikasi Panduan Shalat Praktis & Lengkap dibekali dengan banyak fitur menarik seperti audio mp3 yang bisa diakses secara offline, fitur zoom di setiap halaman, font arab khusus yang jelas dan masih banyak lagi. Silakan download aplikasi Panduan Shalat Praktis & Lengkap dari TKZ Studios melalui link ini.

7. Panduan Solat - Asyatech Solutions


Aplikasi Sholat yang Carisinyal rekomendasikan berikutnya adalah Panduan Solat yang dikembangkan oleh Asyatech Solutions. Perangkat lunak yang hanya bisa dipasang di Android ini terbilang sangat komplet dalam menyuguhkan berbagai menu yang didampingi oleh fitur audio doa, tulisan berbahasa Arab, dan latin bagi yang belum bisa baca tulisan Arab.

Beberapa menu yang bisa dijumpai pada aplikasi ini mulai dari penjelasan rukun Sholat, Sholat Wajib, Sholat Sunat Hajat, Sholat Tarawih, Sholat Jenazah, Sholat Hari Raya, Sholat Jamak, Sholat Qasar, Sujud Syukur, Sujud Sahwi, dan masih banyak lagi. Perangkat yang memiliki tampilan sederhana dengan tema gelap ini dapat Anda dapatkan secara gratis dengan mengunjungi PlayStore.

8. Tuntunan Solat Sunnah - Ecocolutionsystem


Selain Sholat Wajib, saat bulan Ramadan banyak umat Islam berlomba-lomba menunaikan Sholat Sunnah. Bagi mereka yang memulai untuk menjalankan Sholat Sunnah, terkadang masih tertukar mengenai niat atau waktu pelaksanaannya. Dengan demikian, Tuntunan Shalat Sunnah hadir dengan banyak menu yang siap menjadi pendamping untuk belajar tentang berbagai Sholat Sunnah.

Beberapa menu yang dapat pengguna jumpai dari aplikasi berukuran 2 MB ini mulai dari Shalat Tahajjud, Shalat Dhuha, Shalat Istiharah, Shalat Hajat, Shalat Taubat, Shalat Tashbih, Shalat Rawatib, dan masih banyk lagi. Aplikasi ini juga diiringi dengan bacaan (lafaz-Arab) dan pengucapan dalam bahasa latin yang bertujuan untuk memudahkan pengguna membaca dan belajar.

9. Belajar Shalat + Suara - Solite Kids


Ingin belajar mengenal tata cara Shalat secara menyenangkan? Anda bisa mengunduh aplikasi garapan Solite Kids bernama Belajar Shalat + Suara di PlayStore. Aplikasi yang cocok sebagai media pembelajaran anak-anak ini disertai dengan audio bacaan doa dalam Shalat 5 waktu yaitu Sholat Isya, Sholat Shubuh, Sholat Dhuhur, Sholat Ashar, dan Sholat Maghrib.

Dilengkap dengan gerakan-gerakan Shalat dalam bentuk animasi agar pengguna khusunya anak-anak bisa meniru dan mempraktekkannya. Supaya tidak bosan saat belajar, aplikasi berukuran 20 MB ini menambahkan menu permainan dan suara yang menarik. Supaya idak penasaran dengan menuh-menu yang ditawarkan aplikasi ini, Anda bisa memasang dengan cara mengunduhnya di sini.

10. Bacaan Shalat Lengkap - iMajlis Mobile


Terakhir ada aplikasi bernama Bacaan Sholat Lengkap, yang siap menemani Anda mempelajari tata cara Sholat. Bak perpustakaan digital, aplikasi ini mempersembahkan banyak sekali menu mulai dari pedoman Sholat Wajib atau 5 Waktu hingga Sholat bersifat Sunnah yang mungkin baru tahu atau tidak pernah dilaksanakan sebelumnya.

Aplikasi rancangan iMajis Mobile ini dilengkapi dengan panduan cara berwudhu, penjelasan rukun Islam dan Imam, berbagai doa setelah Sholat Wajib atau Sunnah. Aplikasi yang sudah terpasang pada sejuta perangkat Android ini mempunyai ukuran sebesar 12 MB dan dapat diunduh secara gratis di PlayStore atau mengunjungi tautannya di sini.

Nah, sampai di sini pembahasan KompasNusantara mengenai aplikasi panduan belajar sholat yang bisa diunduh secara gratis melalui ponsel Android yang Anda miliki.
close