Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyadap Telepon Android, iOS, BB, & Windows Phone

KompasNusantara - Kali ini akan membahas tentang cara menyadap telepon atau merekam percakapan telepon. Bagaiamana caranya? Caranya sebenarnya cukup mudah. Anda bisa merekam obrolan Anda dengan teman Anda cukup dengan menggunakan aplikasi yang bisa dipasang di smartphone.

Benar sekali, Anda harus menggunakan smartphone agar Anda bisa mendengarkan kembali percakapan Anda dengan teman Anda. Namun, perlu diingat bahwa merekam hasil percakapan sebenarnya adalah pelanggaran ringan.

Karena itu, sebaiknya Anda meminta izin terlebih dulu ke orang yang ingin Anda ajak bicara agar percakapan bisa direkam. Tanpa berlama-lama lagi, berikut penjelasan tentang cara merekam obrolan dengan menggunakan smartphone dengan ragam platform OS.

Cara Menyadap Handphone Android

Jika Anda pengguna Android, Anda bisa mereka percakapan Anda dengan teman Anda menggunakan aplikasi yang dinamakan Automatic Call Recorder. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup ringan karena ukurannya yang kecil. Aplikasi ini juga cukup populer karena banyak yang menggunakannya Tidak berlebihan jika kemudian aplikasi ini mendapat rating diatas angka 4 di Google PlayStore.

Cara menggunakan aplikasi ini sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu download terlebih dahulu aplikasi  Automatic Call Recorder. Setelah itu, Anda cukup jalankan aplikasinya dan kemudian masuk ke bagian pengaturan atau setting.


Di bagian ini, Anda tinggal memberi centang “Record Call”. Anda bisa memilih format rekaman sesuai yang Anda inginkan. Misalnya, Anda memilih format file mp3. Setelah pengaturan selesai, silakan Anda menelepon setelah terlebih dulu Anda tutup aplikasinya.

Aplikasi ini kemudian akan berjalan secara otomatis ketika Anda mengobrol via telepon. Jika Anda menerima telepon dan ada ikon bulat merah, maka aplikasi tersebut sedang berjalan untuk merekam percakapan Anda. Jika Anda penasaran dengan aplikasi ini, Anda bisa download di link ini.

Selain Automatic Call Recorder, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang sejenis untuk cara menyadap telepon seseorang. Contohnya adalah AndroRec Free Call Recorder. Aplikasi ini memiliki cara  kerja yang serupa dengan Automatic Call Recorder.

Anda cukup mengaktifkan rekaman dengan menyalakan tombol “on” pada aplikasinya. Ketika Anda sedang melakukan aktivitas menelepon, maka  aplikasi ini akan merekamnya dan kemudian menyimpannya di folder AndroRec. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, coba download aplikasinya di sini.

Alternatif lainnya adalah Call Recorder dari pengembang CleverMobile. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang lebih menarik dan fitur yang lebih lengkap. Ada juga aplikasi bernama All Call Recorder. Aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih sederhana dan tidak terlalu ribet.


Kedua aplikasi ini memiliki cara kerja yang sama dengan AndroRec Free Call Recorder maupun Automatic Call Recorder. Jika Anda bosan dengan kedua aplikasi ini, Anda bisa menggunakan Call Recorder dan All Call Recorder sebagai alternatif.

Khusus All Call Recorder, tersedia versi berbayarnya. Tidak ada perbedaan fitur dengan versi berbayar. Hanya saja All Call Recorder versi gratis akan banyak iklan. Silahkan unduh aplikasi Call Recorder di sini dan All Call Recorder di sini.

Merekam Percakapan di iPhone

Setelah penjelasan tentang cara menyadap telepon orang lain di Android, selanjutnya akan dibahas tentang merekam obrolan di perangkat iPhone. Untuk Anda yang menggunakan iPhone dan ingin merekam percakapan, caranya sedikit sulit jika dibandingkan dengan perangkat Android.

Pasalnya, Anda harus melakukan jailbreak terlebih dulu. Jika Anda keberatan, Anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini. Seperti kita ketahui, melakukan jailbeak di iPhone sangatlah beresiko karena dapat menghilangkan garansi dan bahkan merusak perangkat iPhone Anda.

Anggap saja Anda bersedia atau telah melakukan jailbreak pada perangkat iPhone Anda. Selanjutnya, Anda membutuhkan sebuah Tweak Cydia yang dinamakan CallRecorder. Dengan tweak ini, Anda bisa merekam percakapan dan menyimpan rekaman tersebut di iPhone Anda.

Misalnya Anda ingin merekam percakapan dengan pacar atau pasangan Anda, kemudian mendengarnya suatu waktu. Yang perlu Anda lakukan sekali lagi adalah melakukan Jailbreak dan kemudian memasang CallRecorder.


Silahkan download terlebih dulu Call  Recorder di Cydia Store. Aplikasi ini tidak dapat Anda temukan di iTunes App Store. Anda bisa download aplikasinya terlebih dulu di laman ini. Setelah itu, Anda cari aplikasi bernama Call Recorder.

Langkah selanjutnya adalah membuka Cydia yang telah terpasang. Anda wajib menambahkan source dari limneos.net/repo. Setelah itu pilih “Search” dan ketikan "CallRecorder" (tanpa tanda petik). Pilih CallRecorder  dan tunggu proses instalnya sampai akhir. Setelah itu, Anda dapat melihat icon CallRecorder  pada bagian Springboard dan Anda bisa menggunakannya.

Cara menggunakan aplikasinya sendiri cukup mudah, tidak ribet seperti menginstal aplikasinya. Tidak seperti aplikasi Android yang bekerja otomatis merekam setelah diatur, pada aplikasi ini Anda perlu melakukannya dengan cara manual.

Ketika Anda sedang melakukan aktivitas percakapan, Anda harus tap ikon merah yang bertuliskan REC,  maka aplikasi akan bekerja dan akan merekam obrolan Anda. Sebagai catatan, Anda hanya bisa memasang aplikasi ini pada perangkat  iPhone 4s, iPhone 5 dengan iOS 6 firmware. Jika Anda memiliki iPhone 6, sebaiknya Anda urungkan niat karena belum diuji kompatibilitasnya (saat artikel ini ditulis).

Merekam Percakapan di BlackBerry

Bagi Anda pengguna BlackBerry, terdapat juga cara sadap telepon yang bisa Anda coba. Caranya lebih mudah dan tidak ribet. Untuk merekam percakapan, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama BerryRecord. Instal aplikasi ini dan aturlah di bagian setting untuk menyimpan hasil rekaman, apakah akan disimpan di memori telepon atau di memori eksternal.

Setelah itu, ketika Anda akan menelepon, Anda cukup mengklik pilihan “Record Note”. Dan setelah menyelesaikan percakapan, Anda cukup memilih “Stop Note Recording”. Cukup mudah bukan? Anda bisa mengunduh aplikasi ini di link ini.

Merekam Percakapan di Windows Phone


Perangkat Windows Phone juga memiliki aplikasi untuk merekam percakapan. Banyak aplikasi sejenis ini tersebar di Windows Phone Store. Salah satunya adalah Call Recoder besutan pengembang bernama Asteroid. Aplikasi ini cukup bagus karena berukuran kecil. Selain itu, Anda juga bisa memproteksi hasil rekaman karena aplikasi ini didukung dengan fitur password.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Anda perlu menginstal aplikasi ini terlebih dulu kemudian mengatur sedikit pengaturan di setting. Aturlah sesuai keinginan Anda, terutama untuk password. Setelah itu, Anda coba lakukan panggilan.

Ketika panggilan berlangsung, Anda harus masuk bagian Windows dan pilih bagian Call Recorder. Pilihlah ikon microphone yang berwarna hijau. Rekamanpun berlangsung. Setelah selesai, Anda bisa memberi nama rekaman Anda ketika disimpan di memori.

Untuk mendengarkan rekaman, Anda bisa mendengarnya di bagian menu Playback. Anda juga bisa menyimpan file rekaman di akun OneDrive Anda. Jika Anda penasaran, silakan langsung coba aplikasi dengan unduh aplikasinya pada link ini.

Demkianlah penjelasan tentang cara merekam percakapan di smartphone berbagai platform. Sebenarnya, beberapa tipe smartphone menyediakan fitur rekaman bawaan tetapi tentunya penggunaan aplikasi biasanya memberikan fitur lebih.

Trik ini juga dapat digunakan untuk berbagai operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Tri. Sebagai penutup, perlu diingatkan kembali bahwa cara menyadap telepon seluler ini adalah tindakan ilegal ringan, sama seperti ketika melacak lokasi seseorang.
close