Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Ninja yang Melayani Samurai Paling Berkuasa di Kekaisaran Jepang

Hattori Hanzo Masanari dikenal sebagai ninja terhebat di Kekaisaran Jepang. Berkat kesetiaannya melayani Oda Nobunaga, samurai paling berkuasa di Kekaisaran Jepang, ia pun mengukir sejarah.

Pada pertengahan abad ke-16, Kekaisaran Jepang berkubang dalam perang saudara dan perselisihan. Perang-perang itu disebabkan oleh para penguasa yang memperebutkan kekuasaan, tanah, dan kekayaan. Seiring berlalunya waktu, samurai Oda Nobunaga, penguasa Owari muncul sebagai yang terkuat. Ia menaklukkan satu demi satu domain dengan tujuan untuk menyatukan seluruh negeri.

Bersama Toyotmo Hideyosi serta Tokugawa Ieyasu, ketiganya menjadi shogun terkuat yang pernah dikenal di Kekaisaran Jepang.

Di tengah kericuhan perang saudara, Hattori Hanzo Masanari lahir. “Ia adalah putra dari Hattori Hanzo pertama dan cucu seorang ninja,” tulis Diane Tincher di laman More Than Tokyo.

Seperti banyak pemuda dari kelas samurai, Masanari yang berusia 6 tahun dikirim untuk tinggal di kuil. Di kuil sekte Buddha Jodo Shinshu (Buddha Tanah Suci Sejati), ia mendapatkan pendidikan. Di sana, Masanari dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai anak laki-laki yang kuat dan tak kenal lelah. Ia pun menjadi penganut Buddha Jodo Shinshu yang taat.

Begitu salehnya dia, sehingga para biarawan mendorongnya untuk menjadi biksu. Tapi Masanari tahu bahwa takdirnya terletak di tempat lain. Dia melarikan diri.

Masanari kemudian dibesarkan dalam jajaran panglima perang yang perkasa, Tokugawa Ieyasu. Kelak, Masanari menjadi seorang samurai tangguh yang terkenal karena keterampilan ninjanya di Kekaisaran Jepang.

Tumbuh dalam ketenaran

Tokugawa Ieyasu menghadapi pertempuran pertamanya dalam perjalanannya untuk menyatukan provinsi Mikawa. Saat itu Masanari telah menjadi salah satu pengikut tepercaya dan anggota pengawal pribadinya.

Selama kampanye ini, dengan sembunyi-sembunyi, Masanari memimpin serangan malam yang sukses di Kastel Kaminogo. Ia mendapatkan ketenaran dan memenangkan pujian yang tinggi dari Ieyasu. Sang pemimpin memberinya hadiah pribadi berupa cangkir sake dan tombak yang bagus.

Kelicikan, keberanian, dan kekuatannya dalam pertempuran membuatnya mendapat julukan, “Demon Hattori” atau Iblis Hattori di Kekaisaran Jepang.

Beberapa tahun kemudian, para biksu prajurit ikko (biksu) bangkit melawan Ieyasu. Banyak pengikut dekat Ieyasu justru berbalik melawan tuan mereka dan berpihak pada ikko. Namun Masanari yang saleh membuang kesetiaan agamanya dan berperang melawan ikko untuk membela Ieyasu.

Setia kepada tuannya di atas segalanya, Masanari menggunakan segala cara yang dia bisa untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Pada Pertempuran Anegawa, Masanari bertempur di garis depan, melakukan pembunuhan pertama dalam pertempuran dan terus bertempur. Pertempuran itu antara pasukan sekutu Oda Nobunaga dan Ieyasu melawan Klan Asai dan Asakura.

Saat musuh mulai melarikan diri, Masanari mengikutinya untuk mengejar. Dia mengejar sekitar 30 tentara dan memanggil mereka, “Saya salah satu dari kalian. Ayo mundur bersama!” Setelah berlari beberapa saat lebih jauh ke wilayah musuh, saudara laki-laki Masanari melihatnya dan bergabung dengannya. Petualangan ini berakhir dengan Hattori bersaudara mengambil kepala pemimpin musuh dan nyawa banyak pengikutnya.

Kemenangan datang ke sekutu Oda-Tokugawa.

Menghadapi “The Tiger of Kai”

Berikutnya adalah Pertempuran Mikatagahara. Pasukan Oda-Tokugawa menghadapi pasukan Takeda Shingen, “The Tiger of Kai”. Ia terkenal dengan kavalerinya dan hampir tak terkalahkan dalam pertempuran. Masanari kembali melakukan pembunuhan pertama, tetapi pasukan Tokugawa sangat menderita. Mereka kehilangan ribuan samurai karena tombak pasukan Kai.

Masanari dan tentaranya bertempur dengan gagah berani untuk mengawal Ieyasu ke tempat yang aman di Istana Hamamatsu. Meski terluka di salah satu lutut dan wajahnya, Masanari tak henti-hentinya melawan musuh di sepanjang jalan, melindungi tuannya.

Setelah kekalahan telak dari “The Tiger of Kai”, Masanari bertekad untuk meningkatkan moral pasukan samurai Ieyasu. Dia meninggalkan kastel sendirian dan menantang pemimpin pasukan pengejar untuk berduel dengan katana. Masanari kembali ke kastel sambil memegang kepala musuh. Pemandangan yang mengerikan ini berfungsi untuk menyemangati para prajurit bahwa kemenangan bisa diraih.

Atas keberaniannya dalam pertempuran, Ieyasu menghadiahinya dengan dua tombak yang luar biasa. Selanjutnya, Masanari diberi komando 150 orang dari Iga (Prefektur Mie), kubu ninja.

Dilema moral

Ketika putra tertua Ieyasu, Nobuyasu, tidak disukai dan dicurigai, ayahnya memerintahkan dia untuk melakukan seppuku. Samurai mengikuti ritual khusus yang berpuncak pada menusukkan pedang pendek ke perut mereka dan memotong, menyilang, lalu turun.Selain rasa sakit yang parah sehingga sulit untuk menyelesaikan ketiga pukulan pedang, cara ini tidak langsung membunuh samurai.

Untuk ini, mereka akan memiliki orang kedua di sampingnya. Orang kedua tersebut adalah samurai lain yang hadir, yang akan memenggal kepala mereka dengan satu sapuan katana tajam.

Masanari diperintahkan untuk menjadi yang kedua bagi Nobuyasu, suatu kehormatan tersendiri. Ketika dihadapkan pada pemandangan menyedihkan dari Nobuyasu yang sedang berlutut, putra tuan tercintanya, dia tidak bisa menggerakkan tangannya. Masanari membuang katananya dan jatuh ke lantai sambil menangis.

Ketika berita soal ketidaktaatan ini sampai ke telinga Ieyasu, dia terkekeh dan berkata, “Bahkan setan tidak bisa membunuh putra tuannya.” Alih-alih menimbulkan kemarahan, peristiwa ini malah semakin mengangkat harga diri Masanari di mata Ieyasu.

Dari ninja ke samurai tanpa tuan

Oda dan Tokugawa terus menaklukkan satu demi satu penguasa feodal. Sedangkan Masanari ditempatkan di Hamamatsu. Perseteruan pecah antara pengikut Ieyasu dan penguasa saingannya, Uji-ie. Masanari ikut bergabung, mengakibatkan banyak kematian. Balas dendam atas rekan mereka yang hilang, pasukan Uji-ie menyerang rumah Masanari, mengancam istri dan anak-anaknya.

Masanari, bukan orang yang mudah menyerah. Ia bertekad untuk berjuang sampai mati, sampai kabar datang dengan rencana dari Ieyasu.

Ieyasu telah mendengar bahwa Masanari sedang bertarung dengan Uji-ie, yang dia tahu adalah bawahan Oda Nobunaga. Dia menemukan cara untuk Masanari dan keluarganya untuk melarikan diri tanpa menyakiti lagi Uji-ie. Hal itu dilakukan untuk menghindari menimbulkan perhatian dan kemarahan dari Nobunaga yang kuat.

Ieyasu meyakinkan Masanari untuk memalsukan kematiannya dan menghilang. Sebuah kepala disiapkan dan dikirim ke Uji-ie seolah-olah itu adalah kepala Masanari. Menerima bukti kematian ini dianggap sebagai pembalasan yang cukup. Konflik berakhir. Keluarga Masanari terselamatkan.

Sementara itu, Masanari menghilang sebagai samurai tak bertuan, seorang ronin. Selama 2 tahun berikutnya, keberadaan Masanari tidak diketahui.

Sang ronin kembali ke tuannya

Saat dalam perjalanannya untuk mempersatukan Kekaisaran Jepang, panglima perang besar Oda Nobunaga dikhianati oleh punggawanya, Akechi Mitsuhide. Dikurung oleh musuh tanpa ada jalan keluar, Nobunaga melakukan seppuku di Kuil Honnoji di Kyoto. Ini mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh kekaisaran. Setelahnya, sasaran pun beralih ke sekutu terdekat Nobunaga, Tokugawa Ieyasu.

Ieyasu sedang berada di Sakai saat mendengar kabar tersebut. Bertekad untuk mengikuti tuannya Nobunaga dalam kematian, dia berencana pergi ke Kyoto untuk melakukan seppuku di cabang utama kuil keluarganya. Namun, bawahannya berunding dengannya dan meyakinkannya untuk kembali ke kampung halamannya di Mikawa. Masanari kembali berada di sisinya.

Untuk sampai ke Mikawa, Ieyasu akan menghindari jalan utama dan berjalan di sepanjang jalur sempit melalui pegunungan Koga dan Iga yang curam dan tinggi. Daerah itu adalah rumah leluhur Masanari, kubu ninja yang terkenal.

Dengan bantuan seorang saudagar yang kuat, Masanari bernegosiasi dengan para pemimpin ninja setempat. Tujuannya agar para ninja menjamin keselamatan perjalanan Ieyasu dan berjanji untuk menemaninya ke pantai Ise. Dan kemudian menyeberangi teluk ke Kastel Okazaki di Mikawa.

Semuanya baik-baik saja sampai mereka mencapai celah gunung di Iga. Di sana mereka terjebak dalam pemberontakan yang rusuh. Masanari berteriak agar para perusuh memberi jalan, dan celah kecil di tengah massa terbuka. Ieyasu, pengawal ninjanya, dan beberapa pengiringnya berjuang untuk menerobos, tetapi Masanari dan barisan belakang kewalahan.

Masanari dikepung. Menerobos para perusuh, dia menunggang kudanya ke tepian yang curam. Kudanya goyah dan Masanari jatuh ke dalam selokan. Musuh dari atas menimpanya, menyerangnya dengan tombak. Kakinya terluka di sepuluh tempat berbeda dan dia tenggelam dalam ketidaksadaran. Sang ninja yang setia itu dibiarkan mati.

Bawahan Masanari mencari Ieyasu untuk menyampaikan kabar duka bahwa Masanari telah terbunuh. Ketika kembali lagi nanti untuk membersihkan jenazahnya, mereka takjub. Masanari ternyata masih hidup. Anak buah Ieyasu merawat Masanari dan membawanya ke Mikawa. Hanya 2 minggu kemudian, dia kembali berjuang untuk tuannya di garis depan.

Menaklukkan kastel yang tidak tertembus

Eksploitasi besar terakhir Masanari datang setelah dia mengirim dua pengikut ninja untuk menyusup ke Kastel Sanokoya yang tak tertembus. Di bawah kegelapan, mereka mengintai dan membawa kembali detail pertahanan kastel. Dengan pengetahuan itu untuk membantunya, ninja di garis depan.

Akhirnya di tengah hujan deras, Masanari menaklukkan kastel yang bahkan tidak dapat ditaklukkan oleh “The Tiger of Kai”. Untuk ini, dia mendapat banyak hadiah.

Dikatakan bahwa kekayaan yang diberikan kepada Masanari oleh Ieyasu lebih besar dari yang dimiliki oleh penguasa seluruh provinsi.

Pada tahun 1593, Ieyasu memberikan dana kepada Masanari agar dia dapat mengawasi pembangunan sebuah kuil untuk putra Ieyasu, Nobuyasu. Kuil itu sekarang berdiri di Tokyo, Sainen-ji, selesai setelah kematian Masanari karena sakit pada tahun 1597. Makam Nobuyasu dan Masanari dapat dikunjungi di sana.

Gerbang Hanzo-mon di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo terus menyandang namanya. Ini adalah daerah di mana Hattori Hanzo Masanari tinggal di Edo.

Gerbang Hanzo-mon di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo terus menyandang namanya. Ini adalah daerah di mana Hattori Hanzo Masanari tinggal di Edo. Juga tempat di mana keluarganya tinggal, melakukan tugas turun-temurun sebagai polisi dan penjaga Shogun Tokugawa di Kekaisaran Jepang.

Ketika Ieyasu mendirikan Keshogunannya, dia mengingat ninja yang telah melayaninya dengan setia. Ia menghadiahi mereka dengan posisi tinggi sebagai penjaga pribadinya. Mereka bergabung dengan keluarga Hattori di bangsal Hanzo di Edo.

Hingga kini, kesetiaan dan perjuangan ninja Hattori Hanzo Masanari terus dikenang oleh masyarakat Jepang.
close