Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Android

KompasNusantara - Selain bahasa korea, bahasa Jepang termasuk salah satu bahasa di dunia yang sangat sering di pelajari. Tidak seperti bahasa Korea, bahasa Jepang pengucapannya tidak begitu sulit.

Bahasa Jepang menggunakan huruf kanji, hiragana dan katakana dalam penulisannya. Mempelajari ketiganya tentu membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk huruf kanji.

Karena saking sulitnya, tidak sedikit mereka yang menyerah untuk mempelajari bahasa Jepang. Selain cara penulisannya yang sulit, mengikuti kelas bahasa atau membaca buku terkadang bisa menjadi hal yang membosankan.

Ada banyak cara untuk mempelajari bahasa Jepang dengan lebih mudah dan tentunya tidak bikin cepat bosan. Salah satunya lewat aplikasi di ponsel. Yup, kali ini saya akan membahas mengenai 15 aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik di Android untuk Anda.

1. LingoDeer


LingoDeer adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang ada di Google PlayStore. Aplikasi ini memuat 150 pelajaran bahasa Jepang yang dapat Anda ikuti. LingoDeer juga dilengkapi dengan klip audio yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pengucapan bahasa Jepang dengan baik dan benar.

Aplikasi LingoDeer memiliki lebih dari 2000 kosakata dan kalimat yang dapat dipelajari serta memakai huruf Katakana, hiragana dan romaji dalam setiap sesi pembelajaran. Tertarik untuk mencoba? Silahkan download aplikasi LingoDeer melalui tautan berikut ini.

2. Drops


Selanjutnya ada Drops. Aplikasi dari developer Language Drops ini menyediakan waktu selama lima menit bagi Anda untuk belajar bahasa Jepang setiap harinya.

Aplikasi ini mengutamakan pelajaran mengenai kosakata dan kalimat ketimbang grammar alias tata bahasa. Drops juga menambahkan fitur permainan agar penggunanya tidak merasa cepat bosan saat belajar.
Aplikasi ini menawarkan kurang lebih 99 topik dengan hampir 1700 kata dan kalimat yang dapat dipelajari setiap harinya. Mau? Download Drops di sini sekarang juga.

3. Bravo Language


Aplikasi selanjutnya adalah Bravo Language. Di dalam aplikasi ini Anda dapat mempelajari bahasa Jepang dasar sekaligus menggunakannya sebagai phrasebook.

Bravo Language juga menyediakan sesi pelajaran tata bahasa serta pengucapan yang baik dan benar. Anda juga akan ditemani oleh guru virtual berupa burung beo yang suaranya diisi oleh penutur asli bahasa Jepang. Hmmm.. seru juga ya! Menarik bukan? Silahkan download aplikasinya di sini.

4. DuoLingo


DuoLingo menjadi satu dari sekian banyak aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa Anda coba di ponsel Android. Aplikasi ini sangat amat populer karena telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna hanya untuk platform Android saja.

Aplikasi DuoLingo menawarkan pembelajaran seru dan tidak membosankan. Anda bisa mempelajari setiap kosa kata baru lewat flashcard atau pembelajaran interaktif lain yang ada di dalam aplikasi.

Tak hanya bahasa Jepang, DuoLingo juga menyediakan materi pembelajaran untuk bahasa lain, salah satunya bahasa Inggris.

5. HeyJapan: Learn Japanese


Jika Anda mencari aplikasi belajar bahasa Jepang dengan metode pembelajaran yang tidak membosankan, cobalah aplikasi HeyJapan: Learn Japanese.

Aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa Jepang selama 40 menit per hari untuk mempelajari kosa kata baru, tata bahasa, kalimat, latihan berbicara, serta mendengarkan dalam. Nah, ada sisa 20 menit waktu yang bisa Anda gunakan untuk merevisi pembelajaran tadi.

Aplikasi ini tidak hanya cocok untuk Anda yang memang ingin belajar bahasa Jepang untuk menambah kemampuan berbahasa asing, tapi juga dapat diandalkan oleh Anda yang akan mengikuti ujian seperti JLPT. Unduh HeyJapan: Learn Japanese di sini.

6. Learn Japanese Offline


Aplikasi Learn Japanese Offline ini adalah aplikasi untuk belajar bahasa Jepang di Android yang sangat praktis. Aplikasinya bisa Anda gunakan untuk mempelajari frase-frase dalam bahasa Jepang yang bisa digunakan untuk percakapan sehari-hari. Jumlah frasenya bahkan mencapai lebih dari 500.

Frase-frase ini dibagi dalam 18 kategori yang berbeda. Ada obrolan harian, nomor dan angka, waktu dan tempat, berbelanja, warna, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan secara offline dan gratis. Anda bisa mengunduhnya di sini.

7. Learn Japanese - Listening And Speaking


Aplikasi Learn Japanese - Listening And Speaking ditawarkan oleh pengembang PORO NIHONGO. Aplikasinya memiliki lebih dari 500 percakapan harian dalam bahasa Jepang dengan berbagai topik pembicaraan yang berbeda.

Di antaranya ada pekerjaan, belanja, obrolan mengenai keluarga, dan masih banyak lagi. Tersedia juga transkrip dalam bentuk audio agar Anda bisa mempelajari bagaimana cara mengucapkan berbagai kalimat atau kosa kata baru di dalam bahasa Jepang.

8. SakuJapan


Aplikasi SakuJapan besutan Yongkru ini dapat Anda jadikan pilihan. SakuJapan berisi kosakata, kalimat umum, nama-nama hewan dan angka dalam bahasa Jepang. Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat game yang bisa Anda gunakan untuk mengasah kepintaran dalam berbicara bahasa Jepang.

Tak ketinggalan, terdapat panduan berupa video, kemudian juga pelajaran mengenai huruf hiragana dan katakana. Aplikasi SakuJapan ini cocok bagi Anda yang baru memulai untuk belajar bahasa Jepang. Penasaran ingin mencoba aplikasinya? Silahkan download SakuJapan melalui link berikut ini.

9. Obenkyo


Next, ada Obenkyo. Di dalam aplikasi ini Anda dapat mempelajari tata bahasa, kosakata dan partikel yang digunakan dalam bahasa Jepang.

Selain itu, Anda dapat mempelajari huruf kanji, hiragana, katakana dan juga angka. Dalam Obenkyo, Anda dapat menggunakan fitur latihan untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Jepang Anda.

Untuk Anda yang ingin mengikuti ujian kecakapan berbahasa Jepang atau Japanese Language Proficiency Test atau JLPT, aplikasi ini bisa Anda gunakan sebagai panduan. Mau mencoba aplikasi ini? Silahkan klik link berikut untuk mengunduhnya.

10. Hello Talk


Hello Talk juga dapat Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Jepang dengan cara mengobrol langsung bersama penutur asli lewat fitur chat.

Untuk memulai belajar, Anda harus mencari partner terlebih dahulu. Jika sesuai kriteria, maka Anda bisa memulai pelajaran dengan partner tersebut. Anda dapat saling mengajarkan bahasa yang dikuasai masing-masing, melalui fitur chat yang dilengkapi dengan voice note,

Anda dan partner belajar dapat saling mengoreksi pengucapan kalimat atau kata secara bersama-sama. Jika Anda ingin mencoba aplikasi Hello Talk, silahkan langsung unduh aplikasinya di sini.

11. Tandem


Tandem mengusung konsep yang hampir sama dengan HelloTalk. Anda dapat mencari partner belajar bahasa Jepang dan mengajarkan bahasa yang Anda kuasai kepada mereka.

Tandem memiliki fitur yang beragam mulai dari video, voice note, chat serta pesan dalam bentuk gambar dan audio. Tandem juga mendukung 150 bahasa dengan 2500 kombinasi bahasa yang ada.

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Jepang dengan cara yang tidak membosankan dan tentunya lebih santai. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba aplikasi belajar bahasa ini? Silahkan klik link ini untuk mengunduh ya.

12. Memory Hint: Hiragana


Memory Hint: Hiragana adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mempelajari huruf Jepang yakni hiragana. Anda dapat belajar huruf hiragana melalui gambar dan suara.

Aplikasi belajar bahasa Jepang ini memiliki fitur kuis untuk menguji pemahaman Anda terhadap huruf hiragana. Selain itu, system penjelasan dari aplikasi ini juga tergolong mudah, sehingga Memory Hint: Hiragana sangat cocok digunakan oleh pemula. Anda dapat men-download aplikasi Memory Hint: Hiragana di sini.

13. Kanji Senpai


Selain Memory Hint, Anda dapat mempelajari huruf jepang melalui aplikasi belajar bahasa Jepang Kanji Senpai. Aplikasi ini menawarkan pelajaran menulis, membaca dan juga memungkinkan kita untuk merangkai huruf kanji dengan tulisan tangan sendiri.

Anda juga dapat mengikuti sesi pembelajaran tanpa audio sehingga jika Anda berada di tempat umum, Anda tidak perlu menggunakan headphone.

Tak ketinggalan, Kanji Senpai juga memiliki daftar kosakata penting yang bermanfaat bagi Anda yang ingin atau akan mengikuti tes kecakapan berbahasa Jepang atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Ingin mencoba aplikasi satu ini? Download di sini sekarang juga.

14. Kamus Jepang - Bali Media


Aplikasi Kamus Jepang dari Bali media bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan berbagai kata atau kalimat dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, ataupun sebaliknya.

Anda dapat membagikan terjemahan yang sudah diproses ke berbagai aplikasi yang ada di ponsel. Uniknya lagi, tersedia fitur TTS (Text-to-Speech) yang akan membantu Anda untuk mengetahui cara mengucapkan kata atau kalimat yang diterjemahkan ke dalam bahasa target.

Kamus Jepang dari Bali Media ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa koneksi internet. Unduh aplikasinya di link ini.

15. Write It! Japanese


Nah, kalau aplikasi ini hadir untuk Anda yang ingin belajar menulis katakana atau hiragana dalam bahasa Jepang dengan mudah dan praktis.

Anda bisa mempelajari huruf demi huruf baru yang dibagi menjadi beberapa kategori. Terdapat lebih dari 100 cara penulisan huruf yang bisa Anda pelajari di dalam aplikasi ini. Ingin mencobanya? Silakan unduh Write It! Japanese di sini.

Nah, itu dia 15 aplikasi belajar bahasa Jepang yang dapat Anda gunakan di ponsel Android. Semua aplikasi belajar bahasa Jepang diatas dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti kursus atau kelas bahasa Jepang formal.

Selain memanfaatkan anime maupun drama untuk mempelajari bahasa Jepang, Lewat aplikasi diatas, Anda bisa belajar dengan lebih praktis, efektif dan efisien. Dan dari segi biaya, lebih hemat tentunya. Sudahkah Anda mencoba aplikasi belajar bahasa Jepang diatas?
close