Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertempuran Shiroyama: Napas Terakhir Samurai di Kekaisaran Jepang

Pertempuran Shiroyama merupakan pertempuran terakhir antara samurai dan pemerintah Kekaisaran Jepang. Meski tidak terlalu dikenal, ini menjadi salah satu pertempuran yang paling tragis.

Pembukaan Kekaisaran Jepang terhadap kekuatan asing pada pertengahan hingga akhir abad ke-19 membawa serta periode perubahan.

Reformasi yang tidak mudah dan berlarut-larut terjadi di kekaisaran yang terisolasi ini. Ketidakstabilan yang terjadi akhirnya memulihkan kekuasaan Kaisar Jepang.

Di sisi lain, para samurai yang berkuasa selama ratusan tahun menolak perubahan kekuasaan itu.

Tidak bisa dihindari, serentetan pemberontakan dilakukan oleh samurai. Namun mereka terus menghadapi kekalahan.

Pertempuran demi pertempuran dilakukan dan membawa mereka kepada pertempuran Shiroyama. Pertempuran ini menjadi “napas terakhir” para samurai di Kekaisaran Jepang.

Restorasi Meiji di Kekaisaran Jepang

Nilai tukar emas dan perak yang berbeda dari negara-negara lain di dunia membawa ketidakstabilan besar-besaran pada mata uang saat itu.

Ketidakstabilan ekonomi pun terjadi di Kekaisaran Jepang pada abad ke-19. Konflik politik selanjutnya antara keshogunan yang berkuasa dan militer kekaisaran semakin membuat Kekaisaran Jepang tidak stabil.
Semua itu mengakibatkan pemulihan Kaisar Jepang ke kursi kekuasaan politik.

Kaisar Meiji muda dan prajurit kekaisaran mengendalikan pemerintah, Kekaisaran Jepang melanjutkan jalannya menuju modernisasi tanpa gangguan.

Kaisar Meiji, kaisar yang memimpin di era perubahan.

Sayangnya bagi kelas samurai, reformasi itu mengakhiri status hak istimewanya yang telah berusia berabad-abad dalam struktur sosial negara.

Dalam satu dekade, dekrit disahkan dan terjadi perubahan besar dalam budaya, bahasa, dan pakaian selama modernisasi. Selain itu, berbagai upaya dilakukan untuk menghapus hak istimewa samurai di masyarakat.

Pasukan samurai Saigo Takamori memberontak

Tidak mau menerima perubahan, banyak samurai, yang mengundurkan diri dari jabatan mereka di pemerintahan.

Sebagian besar adalah samurai yang berada di bawah kepemimpinan Saigo Takamori di Provinsi Satsuma. Di Satsuma, mereka membuka akademi paramiliter dan bangkit untuk mendominasi pemerintah provinsi.

Pada akhir tahun 1876, para samurai itu menjadi negara bangsa. “Dan upaya pemerintah Meiji untuk menindak aktivitas mereka memicu pemberontakan terbuka,” tulis Matt Weeks di laman Owlcation.

Saigo berjuang keras sejak awal. Wajib militer Angkatan Darat Kekaisaran Jepang jauh lebih banyak daripada pasukannya. Pasukan kekaisaran juga memiliki keunggulan yang berbeda dalam hal peralatan.

Saigo mengadu senapan dan pedang dalam jumlah terbatas melawan meriam artileri angkatan darat dan kapal perang modern. Samurai kalah dalam pertempuran penting di Kastel Kumamoto, Tabaruzaka, dan Gunung Enodake yang menghancurkan pasukannya.

Pada musim panas tahun 1877, jumlah samurai telah berkurang menjadi kurang dari 3.000, Mereka memiliki hampir semua senjata api modern.

Saigo membawa sisa 500 orangnya yang dalam kondisi sehat ke Kota Kagoshima pada tanggal 1 September. Pasukan itu merebut gunung yang dikenal sebagai Shiroyama dan bersiap untuk pertempuran terakhir.

Pertempuran Shiroyama, napas terakhir samurai Kekaisaran Jepang

Tentara Kekaisaran di bawah komando Jenderal Yamagata Aritomo bertekad untuk tidak membiarkan Saigo menghindari penangkapan lagi.

Pasukan mereka mengepung Gunung Shiroyama dan menggali serangkaian parit yang rumit. Ini membuat para samurai kesulitan untuk melarikan diri. Di saat yang sama, bom dan peluru terus ditembakkan.

Anak buah Saigo menembakkan peluru yang dilelehkan dari patung Buddha emas dengan sisa senapan mereka yang terbatas.

Mereka melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan celah di pasukan kekaisaran. Namun pasukan kekaisaran bak tidak tersentuh, hanya sedikit yang berjatuhan.

Setelah struktur parit Yamagata selesai, dia mengirim surat ke Saigo memintanya untuk menyerah. Namun, Saigo, bersama dengan samurai lainnya, lebih memilih bushido alih-alih menyerah hidup-hidup.

Yamagata, bertekad untuk mengakhiri pemberontakan, menanggapi dengan menggerakkan anak buahnya dari segala arah pada tanggal 25 September. Ia mengeluarkan perintah untuk menembak tanpa pandang bulu ke setiap samurai.

Di bawah pengeboman berat, Saigo memerintahkan penyerangan ke garis kekaisaran. Meskipun kehilangan banyak anak buahnya dalam baku tembak dan kalah jumlah 60 banding 1, Saigo akhirnya mencapai garis.

Samurai mulai membongkar wajib militer dengan pedang terkenal dan keterampilan tempur jarak dekat.

Pasukan Saigo Takamori. Meski kalah dalam jumlah, mereka terus berjuang hingga napas terakhirnya.

Garis Angkatan Darat mulai goyah sampai Saigo sendiri terluka di arteri femoralis oleh peluru. Sang pemimpin dibawa keluar lapangan karena lukanya.

Ia melakukan ritual seppuku (bunuh diri demi kehormatan). Sumber lain mengungkapkan bahwa Saigo menyuruh salah satu rekan tepercaya melakukan seppuku untuknya. Catatan sejarah tidak jelas bagaimana tepatnya pemimpin samurai itu menemui ajalnya.

Terlepas dari keberhasilan awal mereka, para samurai akhirnya kewalahan oleh banyaknya tentara yang menyerang mereka. Sebelum pagi berakhir, mereka sudah mati sampai orang terakhir.

Akhir dari pertempuran

Perjuangan Yamagata membuktikan diri mereka layak melayani kaisar. Dengan demikian, mereka secara efektif mengakhiri sistem kelas feodal yang penting bagi para samurai.

Kelas samurai secara resmi dihapuskan. “Samurai yang tersisa di Jepang digabungkan dengan kelas yang ada yang dikenal sebagai shizoku,” ungkap Weeks.

Kelas baru ini mempertahankan banyak kepemilikan dan aset yang mereka nikmati sebelumnya. Namun mereka kehilangan hak untuk mengeksekusi rakyat jelata yang menyinggung mereka.

Perjuangan terakhir untuk mempertahankan kehormatan samurai

Di antara pertempuran samurai melawan kekaisaran, Pertempuran Shiroyama pada tahun 1877 tidak terlalu dikenal.

Namun, hal ini menjadi salah satu pertempuran yang paling tragis. Pertempuran tersebut mengadu sekitar 30.000 tentara Angkatan Darat Kekaisaran Jepang melawan 500 anggota terakhir kontingen prajurit samurai Saigo Takamori.

Pasukan kekaisaran dilengkapi dengan persenjataan lengkap dan canggih. Sedangkan samurai hanya dipersenjatai dengan senapan dan senjata jarak dekat.

Dikalahkan tanpa harapan dan diberi kesempatan untuk menyerah, pasukan Saigo tetap berpegang pada kode kehormatan bushido sampai akhir.

Pertempuran ini menandai kepergian resmi kelas samurai dari masyarakat Jepang dengan cara yang terhormat.
close